RSS
WELCOME TO MY BLOG

Tips membaca buku


Tips Membaca
1. Sebelum membaca cobalah untuk mengetahui garis besar bacaan anda. Hal ini dapat anda lakukan dengan membaca judul, sub judul, paragraph pertama dan ringkasan buku.
2. Setelah itu perkirakan waktu yang anda butuhkan untuk memahami satu bab.
3. Gunakanlah sticky notes untuk menulis hal-hal baru atau istilah baru yang anda dapatkan dari setiap bab. Berilah tanda khusus (seperti memberi highlight atau garis bawah) untuk hal-hal yang anda anggap penting.

4. Setelah membaca buku, buatlah sebuah ringkasan. Ringkasan ini berisi hal-hal yang anda dapatkan pada buku tersebut.
5. Lakukan evaluasi terhadap buku yang anda baca. Apakah dari bacaan ini muncul pertanyaan yang belum terjawab?
Metode Membaca SQ3R:
Salah satu metode yang dapat anda gunakan dalam membaca adalah SQ3R yaitu Survey, Question dan Read.
1. SURVEY
Sebelum membaca lihatlah materi yang akan anda baca terlebih dahulu. Sediakan beberapa menit untuk melihat garis besar bacaan anda.
2. QUESTION
Lihatlah judul setiap bab dan ubahlah menjadi kalimat tanya. Buatlah beberapa pertanyaan yang akan anda jawab saat membaca.
3. READ
Setelah membuat pertanyaan, bacalah bacaan anda untuk mencari jawabannya. Apabila pertanyaan anda belum terjawab, bacalah sekali lagi secara hati-hati.
4. RECITE
Setelah membaca, lihatlah jawaban terhadap pertanyaan anda. Cobalah menjelaskan jawaban tersebut dalam kata-kata anda sendiri dengan contoh yang anda buat. Apabila anda sudah mampu melakukan hal tersebut artinya anda sudah memahami bacaan anda.
5. REVIEW
Setelah selesai membaca, lakukan review ulang terhadap bacaan tersebut dan buatlah rangkuman.

Metode Membaca KWL:
KWL merupakan metode yang dapat anda gunakan saat membaca dalam sebuah kelompok. Metode ini juga dapat anda terapkan saat membaca secara individu.
1. K = KNOW
Sebelum membaca, lakukanlah brainstorming dalam kelompok anda. Tulis kata kunci, frase atau apa pun yang anda ketahui tentang topik bacaan anda. Hal tersebut dapat membantu anda mengetahui latar belakang bacaan anda.
2. W = WILL/WANT
Tahap berikutnya adalah menulis pertanyaan yang ingin anda dapatkan dari bacaan anda. Urutkan pertanyaan-pertanyaan anda dari yang paling penting.
3. L = LEARNED
Saat membaca, tulis hal-hal baru yang anda dapatkan dari bacaan anda. Beri tanda khusus pada hal-hal yang baru, kurang anda pahami, memicu pertanyaan dan lain sebagainya. Selain itu lihatlah kembali ke pertanyaan yang anda buat sebelumnya, setelah membaca apakah pertanyaan anda sudah terjawab?
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

slide show

game

my project video

Pages